Rabu, 16 Maret 2011

assalamu'alaikum

SANTRI
Apa sebenarnya santri itu dan apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang santri????
Santri berasal dari kata San dan Tri. San berarti kebaikan dan tri berarti tiga. Jadi santri dapat diartikan tiga kebaikan atau dalam arti luasnya adalah seorang yang berstatus sebagai santri harus mampu menguasai serta mengamalkan ketiga kebaikan yaitu iman, isla, dan ikhsan. Sebagai seorang santri, apakah kita sudah menjalankan semua itu????????

Pada masa sekarang ini yaitu masa yang banyak disebut era globalisasi daan era tanpa batas semakin menuntut santri untuk dapat selalu survi-ve dan menjadi insan yang mempunyai jati diri dan keinginan yang kuat. Globalisasi oleh para pemuda sering diartikan sebagai kebebasan di segala bidang. Hal ini dapat dilihat dari munculnya fenomena dengan adanya berbagai kejadian yang sebelumnya dianggap menjadi peradaban tersendiri dengan alasan globalisasi dan kebebasan.

Santri yang notabene adalah pemegang tongkat penerus para ulama' yang senantiasa melestarikan keilmuan islam, seharusnya mulai mawas diri dan sadar bahwa untuk menjadi kholifah serta islam yang Sholikhul alakrom di bumi ini, akan semakin menghadapi tantangan yang tidak ringan. Tantangan ini ternyata tidak hanya muncul dari luar, namun juga didalam diri santri itu sendiri. Semakin sering terlihat banyak santri yang malas dan merasa ogah-ogahan untuk senantiasa mencari dan mengembangkan keilmuannya. Semakin banyak santri terlena dan tidak lagi mempunyai semangat dakwah islamiyah/'izzul islam-walmuslimin. Karena itu, perlu diusahakan kembali semangat santri dengan cara introspeksi dirimempelajari dan mengembangan kembali tradisi keilmuan dan budaya islam. Mari kita ajak segenap kaum santri untuk selalu waspada dan berusaha menjadi insan yang Sholikhul Al-akrom. Agar bumi ini terwujud islam yang rohmatal- lil'alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar